Pengertian Mahasiswa Serta Peran dan Fungsinya

pengertian mahasiswa serta peran
Apa pengertian mahasiswa serta peran dan fungsinya? mungkin masih banyak dari kalian yang masih tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut. Setelah lulus dari sekolah menengah atas, banyak pilihan yang bisa kalian ambil. Bisa saja kalian langsung bekerja tanpa melanjutkan pendidikan, atau memilih melanjutkan pendidikan menjadi mahasiswa di universitas yang diidamkan.

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan menjadi mahasiswa di universitas yang diidamkan tentu tidaklah mudah. Apalagi jika kamu ingin masuk ke universitas negeri dengan jurusan yang banyak diminati orang lain. Tentunya saingan semakin bertambah banyak dan semakin berat. Usaha serta doa merupakan hal penting untuk bisa mewujudkan cita-cita. Saat kalian menjadi mahasiswa, akan banyak tantangan yang harus kalian lewati untuk bisa menyelesaikan pendidikan tersebut.

Apa itu mahasiswa? 

Mahasiswa, maha dan siswa. Maha berarti besar, siswa berarti pelajar. Dapat kita artikan mahasiswa adalah orang yang sedang menjalankan pendidikan di suatu perguruan tinggi. Pelajar yang harus memiliki intelektual. Disinilah kalian akan "ditempa" menjadi pribadi yang sesungguhnya. Fokus terhadap minat dan jurusan yang diambil agar memiliki skill.

Kebanyakan orang ketika masih berada di sekolah menengah atas (SMA), ingin cepat-cepat kuliah menjadi mahasiswa. Kebalikannya, tak jarang justru mahasiswa yang ingin kembali ke SMA. Ketika SMA, ada banyak waktu untuk bermain,nongkrong, dan sebagainya. Ketika kuliah, waktu tersebut sangat sedikit karena jadwal yang padat. Sebagai mahasiswa, tentunya kalian memiliki tanggung jawab yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Peran dan Fungsi Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, kalian memiliki tanggung jawab yang besar. Kuliah tidak hanya soal mencari angka atau nilai yang akan terpampang di ijazah. Tetapi lebih dari itu, apa yang akan kita lakukan setelah lulus kuliah? apa yang telah kita buat selama menjalani proses perkuliahan? Apakah kita memiliki kemampuan lebih dibanding lulusan lain? Atau kita hanya mencari gelar untuk menghiasi nama saja?

Tidak ada salahnya kalian mengejar IPK tinggi. Namun jangan sampai kalian melupakan peran mahasiswa sebagai anak muda yang bermanfaat untuk kemajuan masyarakat. Ilmu yang kalian dapat harus kalian terapkan sehingga menambah kesejahteraan masyarakat. IPK hanya angka yang akan membawa kalian untuk interview. Pada saat interview, pengetahuan kemampuan berbicara kalian akan diuji.

Ketika sudah menjadi mahasiswa, kita harus menghilangkan sikap negatif dan mencoba berbaur dengan lingkungan. Menambah relasi sangat penting untuk kedepannya. Ilmu itu tidak selalu didapat dari dalam kelas saja. Didalam kelas kalian hanya beberapa kali pertemuan, dengan waktu terbatas. Kita sendiri yang harus mengembangkan ilmu tersebut. Untuk mengembangkannya, kita bisa bertanya kepada orang yang lebih paham, bertanya kepada senior, dan cara lainnya.

Aktif berorganisasi bisa menjadi pilihan untuk melatih sikap kepemimpian. Kemampuan berbicara, menyusun suatu program, dan melatih mental agar menjadi mahasiswa yang siap didunia kerja. Dengan berorganisasi, kalian akan menambah relasi yang nantinya membantu kalian saat membutuhkan. Ada istilah mahasiswa kupu kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) atau mahasiswa yang tidak ada kegiatan lain di kampus selain di kelas. Tentu itu menjadi pilihan mereka. Dan mereka sendiri yang menentukan cara berkuliahnya. Kita juga tidak boleh memaksa orang untuk ikut aktif di berbagai kegiatan, karena orang itu sendiri yang tau prioritasnya.

Ketika kita sebagai mahasiswa melihat ada yang tidak benar di suatu pemerintahan, maka kita harus menyampaikan aspirasi. Masih ingat aksi mahasiswa tahun 1998 yang meminta presiden pada saat itu untuk turun? Hal tersebut merupakan bentuk kekecewaan rakyat terhadap pemerintahan pada saat itu. Sehingga mahasiswa lah yang bergerak untuk meminta reformasi. Perlu diingat, penyampain aspirasi sebaiknya dilakukan dengan tertib. Jangan sampai ada oknum yang merusak kegiatan dengan provokasi.

Setelah lulus, kita harus menjadi mahasiswa yang memiliki ilmu serta pengalaman. Jangan selalu memikirkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Pengabdian kepada masyarakat juga bisa dilakukan dengan menerapkan berbagai pelajaran yang kita dapat. Persaingan semakin sulit, membuat kita harus menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif. Perubahan pola pikir akan terjadi selama masa perkuliahan.

Memberikan pengajaran gratis bagi yang membutuhkan. Pengajaran yang dimaksudkan yaitu membagikan ilmu kepada orang yang membutuhkan. Contohnya melakukan kegiatan pengajaran ke sekolah sekolah dipelosok daerah, dan membagikan ilmu yang inovatif untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat disekitarnya. Jika terjadi bencana alam disuatu daerah, kita sebagai mahasiswa harus aktif ikut membantu dengan berbagai cara. Misalnya, penggalangan dana untuk korban bencana alam.

Kesuksesan bukan datang dari kampusnya. Tapi dari mahasiswa itu sendiri.

Pernah mendengar kalimat diatas? maksud dari kalimat tersebut adalah kesuksesan seseorang tidak selalu memandang dimana ia pernah belajar. Tapi sebesar apa usaha-nya untuk menjemput kesuksesan tersebut. Kampus hanya memfasilitasi dan memberikan pondasi. Sisanya bagaimana kita bisa membangun pondasi tersebut. Jangan pernah mendengar orang yang meremehkan jika kamu mahasiswa kampus ini kampus itu. Buktikan pada mereka kalau kalian bisa lebih baik dan lebih memiliki skill. 

Berkarya lah sebisa mungkin. Buat nama kampusmu naik karena prestasi mahasiswanya. Dimanapun kampusnya, kamu akan menjadi apa yang diharapkan jika berusaha. Jadi untuk yang masih bingung memilih universitas, jangan pernah kecewa jika tidak dapat masuk ke universitas yang diinginkan. Coba lagi di tahun berikutnya atau ambil kampus lain yang menurutmu bisa memfasilitasi minat dan bakatmu. 

Kesuksesan juga tidak selalu datang dari kampus dan gelar. Orang yang tidak kuliah sekalipun bisa menjadi sukses dengan usahanya. Seperti yang saya katakan diatas, ilmu tidak hanya didapat dari dalam kelas. Diskusi di warung kopi pun bisa menambah ilmu yang justru tidak didapat dikelas. Pelajaran hidup yang memberikan kita motivasi untuk melakukan perubahan.

Pesan yang bisa diambil

  1. Mahasiswa harus memiliki kecerdasan dalam berpikir.
  2. Tidak mengeluh saat menghadapi berbagai kendala perkuliahan.
  3. Mengejar IPK tinggi, tetapi jangan lupa bersosialisasi.
  4. Sudah dapat apa saja selama kita berkuliah?
  5. Apakah layak kita disebut mahasiswa?
  6. Harus kritis terhadap berbagai konflik sosial.
  7. Sudah waktunya memikirkan masa depan, kurangi bermain-main.
  8. Dimana pun kampusmu, itulah kunci suksesmu.
  9. Bersikap bodo amat. Bodo amat dengan kegagalan, bodo amat dengan cibiran orang lain. Jangan terlalu memikirkan hal yang tidak membuat maju
  10. Berkarya,kreatif, dan inovatif
Itulah penjelasan tentang mahasiswa serta peran dan fungsinya. Bagi kalian yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, diharap bisa serius saat menjalani kuliah. Bagi mahasiswa yang sudah terlanjur keteteran dan masih ada waktu untuk melakukan perbaikan, silahkan melakukan perbaikan. Ingat kuliah bukan hanya soal angka yang terpampang di ijazah. Tapi pengalaman juga memberikan banyak pelajaran. Jangan sampai IPK tinggi hanya belajar dari teori dan nyontek. Ketika diminta praktek menggunakan alatnya malah kebingungan sendiri. Semoga bermanfaat untuk kalian.

Berlangganan artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Mahasiswa Serta Peran dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel