Tips Belanja Online Aman Agar Tidak Tertipu

Belanja online agar tidak tertipu
Tips belanja online aman agar tidak tertipu menjadi salah satu hal yang penting dalam melakukan transaksi di dunia maya. Sekarang ini semua orang sudah bisa berjualan dan belanja online dengan mudah. Hal ini menjadi celah bagi oknum nakal yang memanfaatkan kemudahan tersebut. Alih-alih menerima kiriman barang, malah menerima kekecewaan.

Kurangnya ketelitian dan kepahaman dalam proses belanja online, membuat seseorang mudah tertipu. Terhasut oleh harga murah, membuat kita tergiur tanpa mencari tahu info produk dan penjual. Banyak kasus penipuan transaksi online dengan modus jual beli barang. Bisa saja hal itu melanggar undang-undang dan transaksi elektronik (UU ITE) jika benar terjadi penipuan.

Belanja online adalah transaksi jual beli yang dilakukan seseorang melalui internet. Proses transaksi bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka atau bertemu secara langsung. Pembeli bisa melihat produk melalui foto yang di upload penjual. Jika penjual nakal, maka terkadang dan bisa saja foto produk yang di upload tidak sesuai dengan produk aslinya. Untuk menghindari hal itu, cakapinfo akan memberikan tips nya supaya tidak tertipu.

Tips Belanja Online Aman Supaya Tidak Tertipu

1. Lihat dan Teliti Detail Produk.
Sebelum anda berniat untuk membeli produk, jangan hanya melihat dari fotonya. Bacalah deskripsi dengan benar. Pernah terjadi kepada teman penulis pada saat dia melakukan belanja online di salah satu situs marketplace. Saat sedang berlangsung flashdeal, dia melihat produk karpet dijual dengan harga sangat murah. Karena takut kehabisan, ia langsung membeli produk tersebut. Setelah produk sampai, ia kecewa karena ukuran karpet tidak sesuai foto yang di upload. 

Hal tersebut terjadi karena kurangnya ketelitian dalam membaca deskripsi produk. Untuk contoh kasus diatas, sebenarnya penjual telah memasukan ukuran karpet di deskripsinya. Namun pembeli tidak membaca dan hanya melihat foto produk yang bisa saja karena posisi kamera jadi terlihat besar.

2. Cari Informasi Tentang Penjual
Sebelum membeli produk sesuai keinginan anda, cari tau informasi tentang penjual. Informasi tersebut berupa kelengkapan data penjual. Anda juga bisa melihat reputasi atau rating dari toko tersebut. Kemudian anda dapat melihat testimoni dan review orang-orang yang telah bertransaksi dengan penjual itu. Perlu diperhatikan, pastikan testimoni atau review benar benar dari pembeli asli. Karena terkadang ada oknum yang membuat testimoni palsu.

3. Perhatikan Opsi Pembayaran
Bila anda telah sampai tahap pembayaran dengan penjual, ada baiknya anda meminta untuk bayar ditempat (cash on delivery) atau biasa disebut COD. Hal itu bisa dilakukan jika lokasi penjual tidak jauh dengan pembeli. Atau melalui kesepakatan untuk bertemu terlebih dahulu dan melihat secara langsung produknya. Bila tidak memungkinkan untuk cash on delivery, anda bisa meminta untuk melakukan rekber atau rekening bersama.

Rekening bersama bisa diartikan sebagai proses pembayaran dengan menggunakan bantuan pihak ketiga yang terpercaya. Jadi anda tidak transfer ke rekening penjual. Tetapi anda transfer ke rekening pihak ketiga yang telah disepakati bersama. Kalau saya biasanya menggunakan situs marketplace terpercaya sebagai opsi rekber.

4. Belanja Online di Situs Marketplace Terpercaya
Sekarang ini, ada banyak marketplace seperti tokopedia dan bukalapak. Keduanya sangat terpercaya dalam memfasilitasi jual beli secara online. Siapapun bisa memasarkan produknya di situs marketplace tersebut. Dengan belanja di marketplace tersebut, kita tidak akan transfer uang secara langsung ke rekening penjual. Tetapi kita transfer ke rekening marketplace tersebut. Nantinya, marketplace akan meneruskan uangnya ke penjual jika produk yang kita beli sudah diterima. Yang perlu diperhatikan, lakukan tips saya yaitu melihat detail produk. Jangan lupa juga untuk melihat ketentuan di situs marketplace yang anda pilih.

5. Usahakan ada Garansi dan Pengembalian Produk
Ketika membeli produk dari suatu online shop, usahakan ada jaminan garansi dan pengembalian produk. Maksud dari pengembalian produk yaitu apabila produk yang sampai kepada kita sebagai konsumen tidak cocok dengan apa yang diberitahukan penjual, maka kita bisa meminta pengembalian produk. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di online shop tersebut. Hal ini untuk mencegah produk tidak sesuai foto dan deskripsi. 


Tentunya belanja online atau belanja secara langsung, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Harga yang lebih murah, proses yang mudah, membuat orang lebih memilih online shop. Maka dari itu, jadikan tips belanja online aman supaya tidak tertipu sebagai langkah pencegahan. Semoga bermanfaat, Selamat berbelanja!

Berlangganan artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Belanja Online Aman Agar Tidak Tertipu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel